Profil saya

Foto Saya
Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Hay friends, Im from Stmik NUSAMANDIRI,, Welcome to my blog So...Belajarlah Sebelum Belajar Itu Dilarang :P

Teman

pngunjung

title

Cara membuat game flash sederhana dengan Flash


Selasa, 23 April 2013

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Yang dimaksud game sederhana ya sederhana banget. 
Seperti game yang ane share ini. (DOWNLOAD). Siapapun bisa membuatnya, bahkan dari game yang sederhana ini sebenernya belum ada apa-apanya, misal kalo menang dapet apa . . . ya sederhana aja hahhaha. Ibu-ibupun bisa mbuat sendiri untuk belajar anaknya.
Baru aja kemarin belajar adobe flash, jadinya ya nggk ngerti deh, tapi masih dalam tahap belajar gan :p

Baiklah berikut langkah-langkahnya.
1. Buka Adobe Flash CS, klik action script 2.0
2. Buat lingkaran menggunakan oval tool. Copy kemudian paste sebanyak 7 kali (bisa kurang bisa lebih sesuai selera)

3. Pada 4 lingkaran pertama warnai dengan warna putih. 4 lingkaran lainnya warnai dengan warna yang berbeda, misal kuning, hijau, merah, biru. 

4. Beri nama lingkaran putih sesuai warna yang ada pada 4 lingkaran yang berwarna.


5. Kemudian, satu persatu 8 lingkaran ini diconvert ke simbol dengan cara, klik kanan pada lingkaran, kemudian convert to symbol. Pilih typenya "movie clip", dan dengan masing-masing lingkaran diberi nama sebagai berikut :
-lingkaran berwarna biru : buble_biru
-lingkaran berwarna kuning : buble_kuning
-lingkaran berwarna merah : buble_merah
-lingkaran berwarna hijau : buble_hijau 
-pada lingkaran yang berwarna putih, masihng-masing beri nama t_buble_biru, t_buble_merah, t_buble_hijau, dan t_buble_kuning.
 

6. Pada masing-masing lingkaran lagi, pada propeties-kemudian instance berinama:
-lingkaran berwarna biru : buble_biru
-lingkaran berwarna kuning : buble_kuning
-lingkaran berwarna merah : buble_merah
-lingkaran berwarna hijau : buble_hijau
-lingkaran putih t_buble_biru : tempat_buble_biru
-lingkaran putih t_buble_merah : tempat_buble_merah
-lingkaran putih t_buble_hijau : tempat_buble_hijau
-lingkaran putih t_buble_kuning : tempat_buble_kuning
 
7. Buat layer baru dengan cara klik kanan layer yang sudah ada-insert layer. Berinama action.
8. Pada frame pertama layer action, klik kanan kemudian klik action
Isikan script dibawah ini

xbuble_hijau = buble_hijau._x
ybuble_hijau = buble_hijau._y
buble_hijau.onPress = function(){
    startDrag(this);
}
buble_hijau.onRelease = function(){
    stopDrag();
    if(this._droptarget=="/tempat_buble_hijau"){
        buble_hijau._x = tempat_buble_hijau._x;
        buble_hijau._y = tempat_buble_hijau._y;
    }else{
        xbuble_hijau = buble_hijau._x
        ybuble_hijau = buble_hijau._y
    }
}

xbuble_biru = buble_biru._x
ybuble_biru = buble_biru._y
buble_biru.onPress = function(){
    startDrag(this);
}
buble_biru.onRelease = function(){
    stopDrag();
    if(this._droptarget=="/tempat_buble_biru"){
        buble_biru._x = tempat_buble_biru._x;
        buble_biru._y = tempat_buble_biru._y;
    }else{
        xbuble_biru = buble_biru._x
        ybuble_biru = buble_biru._y
    }
}

xbuble_kuning = buble_kuning._x
ybuble_kuning = buble_kuning._y
buble_kuning.onPress = function(){
    startDrag(this);
}
buble_kuning.onRelease = function(){
    stopDrag();
    if(this._droptarget=="/tempat_buble_kuning"){
        buble_kuning._x = tempat_buble_kuning._x;
        buble_kuning._y = tempat_buble_kuning._y;
    }else{
        xbuble_kuning = buble_kuning._x
        ybuble_kuning = buble_kuning._y
    }
}


xbuble_merah = buble_merah._x
ybuble_merah = buble_merah._y
buble_merah.onPress = function(){
    startDrag(this);
}
buble_merah.onRelease = function(){
    stopDrag();
    if(this._droptarget=="/tempat_buble_merah"){
        buble_merah._x = tempat_buble_merah._x;
        buble_merah._y = tempat_buble_merah._y;
    }else{
        xbuble_merah = buble_merah._x
        ybuble_merah = buble_merah._y
    }
}
Setelah itu Pada propeties-frame

Nah setelah itu pencet ctrl+enter

15 komentar:

Edward Riza mengatakan...

l7y800808

Edward Riza mengatakan...

bgi2 donk elmunya

Fahmi Setiadi mengatakan...

ni gw juga masih newbie gan

farid cs mengatakan...

Gan bisa permanen senjata & item point blank ga???

farid cs mengatakan...

Gan bisa permanen senjata & item point blank ga

kehon enjah mengatakan...

widihhh mantap bgt dachhh bisa di coba nichhh

thank's ya

farid cs mengatakan...

Dah bisa gan?????

Fahmi Setiadi mengatakan...

okee gan

farid cs mengatakan...

Mana gan. Klw sama ama d blog lain
berarti ga bisa dah ane coba di beberapa blog lain alhasil. GAGALL.
Klw bener bisa .??????????????? gmana
ataw kta ketemu d mana?

rahmatdi99 mengatakan...

mantap... semoga sukses blognya... bikin lagi donk toutorila game yang banyak hahaa.. kunjung balik yah http://redanorak.blogspot.com follow aja, nanti ane follow balik :D

situs-downloadgratis mengatakan...

wuuuuih mantap ternyata bikin game flash gak sesulit yang saya bayangkan

raja listrik mengatakan...

hebat gan...thanks
http://www.rajalistrik.com

Hardyboys mengatakan...

Patut di Coba..
BTW mau share jg, barangkali ada yg mau maen game tp spek ketingalan:
http://hot-iceindonesia.blogspot.com/2013/02/cara-memainkan-game-pc-berat-di-labtop.html

yan arafat mengatakan...

gw di coba di flash propesional 8 kok gagal ya waktu di run

samuel gunawan mengatakan...

berhasil. ini cuma menggabungkan warna aja kan gamenya? cocok untuk media pembelajaran anak. Thx

Blogger Wordpress Gadgets