Profil saya

Foto saya
Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Hay friends, Im from Stmik NUSAMANDIRI,, Welcome to my blog So...Belajarlah Sebelum Belajar Itu Dilarang :P

Teman

pngunjung

title

Cara Menstabilkan Koneksi Internet yang Putus Nyambung


Sabtu, 27 April 2013

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Cara Menstabilkan Koneksi Internet yang Putus Nyambung, Koneksi Internet di PC tidak selalu stabil dikarenakan berbagai sebab. Terutama jumlah maksimal koneksi yang kita dapat pada langganan internet yang dibeli. Kita sangat jengkel melihat kecepatan internet yang lambat ditambah lagi sering putus dan nyambung lagi. Untuk itu saya akan coba berikan sedikit trik bagaimana agar koneksi jadi stabil.

Koneksi Internet

Banyak hal yang menyebabkan kecepatan internet menjadi turun dan melambat seperti yang saya sebutkan di atas disebabkan maksimal kecepatan internet yang kita beli misalnya 256 Kb/s tentu tidak akan berubah menjadi 512Kb/s secara normal, apalagi pengaruh cuaca, kualitas sinyal menjadi menurun dan juga jauhnya jarak perangkat ke BTS, dan masih banyak yang lainnya.

Bagi sobat yang biasa menggunakan koneksi internet dengan modem usb ataupun modem ponsel sara rasa tidak jarang mengalami koneksi "Idle" atau diam, dimana koneksi masih terhubung namun saat melakukan browsing tidak jalan / tidak ada respon dari server sehingga situs yang dituju tidak bisa diakses. Ini biasanya terjadi ketika kita tidak melakukan aktivitas internet dalam beberapa saat.

Dengan kejadian di atas tidak jarang juga kita akan disconnect modem lalu konek kembali ke internet. Setelah itu baru lancar lagi berinternatan seperti biasanya. Ini sah sah saja namun tentu tidak efektif karena kita hanya buang-buang waktu untuk putus nyambung modem saja.

Untuk mengatasi hal di atas mungkin kita perlu sebuah cara/trik agar koneksi bisa lebih stabil. Stabil yang saya maksud adalah memaksimalkan koneksi bukan mempercepat koneksi internet ya sobat putrakomputer.com. Sebenarnya untuk menstabilkannya mudah yaitu melakukan permintaan atau mengirim paket data terus menerus ke server misalnya membuka web, namun ini tidak mungkin kita lakukan karena kita manusia biasa pasti ada jeda tertentu ketika kita sedang internetan.

Lalu bagaimana caranya agar internet tetap terhubung dan terus melakukan kirim dan minta paket data tersebut?. Ya kita gunakan cara ping di PC. Kenapa harus ping?. Baca Selengkapnya di Pengertian dan Fungsi Ping.

Ping merupakan sebuah program/perintah untuk menguji sebuah konektivitas jaringan dengan cara mengirim paket data ke server yang dituju dan melihat respon serta data yang dikirm kembali. Kualitasnya kita bisa lihat dari paket yang lost (hilang). Semakin kecil semakin baik.

Mengingat cara kerja ping untuk menguji konektivitas internet dengan cara mengirim paket data terus menerus bisa kita menfaatkan untuk mempertahankan koneksi internet agar berjalan stabil. Dengan begitu walaupun kita tidak melakukan aktivitas internet, namun koneksi akan tetap berjalan. Dan pastinya tidak terjadi Idle lagi.

Untuk melakukan ping kita harus membuka Command Prompt (CMD) di pc dengan cara;

1. Silahkan tekan di keyboard WIn + R.
2. Ketikkan CMD, lalu enter.
3. Setelah terbuka silahkan ketik :

ping www.namasitus.com misalnya nama situs google. maka ketikkan ping www.google.com -t

  Internet Stabil

# Terlihat dari gambar di atas koneksi terus berjalan walaupun kita tidak melakukan aktivitas.

4. Jika hanya ingin menguji koneksi saja. ketikkan saja ping www.google.com, tanpa -t. Perintah -t berfungsi untuk menjalankan ping secara terus menerus.

5. situs yang ingin di ping terserah sobat saja. Sobat bisa ping situs yang sedang dikunjungi atau saya sarankan situs yang memiliki koneksi yang srabil seperti google, yahoo, dsb.

Silahkan gunakan langkah 1-3 pada laptop sobat setiap kali beraktivitas di dunia maya. Dengan begitu koneksi sobat akan lebih stabil dari biasanya, kerena akan tetap konek walaupun sedang idle. Sekian dulu penyampaian saya yang begitu panjang ini :) . Semoga dengan artikel Cara Menstabilkan Koneksi Internet yang Putus Nyambung ini bisa membantu sobat. Terima kas

6 komentar:

Unknown mengatakan...

wln apa ya?

Fahmi Setiadi mengatakan...

tombol yg ada logo windowsnya gann -_-

Anonim mengatakan...

masih nyendat gan punya saya mungkin servernya T_T

Fahmi Setiadi mengatakan...

yg sabar gan..

Unknown mengatakan...

trims byk masbro sy akan coba....


tartul.blogspot.com

fajar mengatakan...

thanks gan, membantu banget :)

Blogger Wordpress Gadgets