Profil saya

Foto saya
Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Hay friends, Im from Stmik NUSAMANDIRI,, Welcome to my blog So...Belajarlah Sebelum Belajar Itu Dilarang :P

Teman

pngunjung

title

Berikut Ini Contoh DIAGRAM UML dan FUNGSINYA


Senin, 17 Juni 2013

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



PENGERTIAN TENTANG UML
UML (Unified Modeling Language) adalah sebuah bahasa untuk menentukan, visualisasi,kontruksi,dan mendokumentasikan artifact (bagian dari informasi yang di gunakan atau di hasilkan dalam suatu proses pembuatan perangkat lunak, artifact dapat berupa model,deskripsiatau perangkat lunak lainnya.

UML merupakan suatu kumpulan teknik terbaik yang telah terbukti sukses dalam memodelkan system yang besar dan kompleks, UML tidak hanya digunakan dalam proses pemodelan perangkat linak, namun hampir dalam semua bidang yang membutuhkan pemodelan.

Tujuan Penggunaan UML
1. memberikan bahasa pemodelan yang bebas dari berbagai bahasa pemrograman dan    
     Proses rekayasa.
2. Menyatukan praktek-praktek terbaik yang terdapat dalam pemodelan.
3. memberikan model yang siap pakai, bahasa pemodelan visual yang ekspresif untuk  
    Mengembangkan dan saling menukar model dengan mudah dan mengerti secara umum.
4 .UML bisa juga berfungsi sebagai sebuah (blue print) cetak biru karena sangat lengkap
    Dan detail,Dengan cetak biru ini maka akan bisa diketahui informasi secara detail tentang
    Coding program atau bajkan membaca program dan menginterprestasikan kembali ke
    Dalam bentuk diagram.

1.COMPOSITE STRUCTURE  DIAGRAM
UML 2.0 menyediakan diagram baru ketika struktur internal dari kelas bersifat kompleks maka disediakan composite structure diagram. Diagram struktur komposit ini digunakan untuk model hubungan antara bagian-bagian dari sebuah kelas. Sebagai contoh, ketika pemodelan pendaftaran penggajian, analis mungkin ingin kelas yang mewakili seluruh laporan serta kelas-kelas yang mewakili header, footer, dan garis-garis detail laporan. Dalam sebuah diagram kelas standar, ini akan membutuhkan analis untuk memodelkan pendaftaran penggajian menjadi empat kelas terpisah yang memiliki hubungan, kemudian menghubungkan mereka bersama-sama. Sebaliknya, diagram struktur komposit akan berisi tiga subclass: header, footer, dan garis detail. Diagram struktur komposit juga berguna ketika dilakukan pemodelan struktur internal komponen untuk sistem berbasis komponen. Seringkali, diagram struktur komposit merupakan mekanisme pemodelan yang kurang efektif karena pemodelan juga bisa dilakukan dengan mengkomunikasikan penggunaan paket dan diagram paket. Karena ketidakefektifan ini, dan karena kita tidak mencakup pengembangan sistem berbasis komponen.

2.DEPLOYMENT DIAGRAM

Deployment diagram digunakan untuk mewakili hubungan antara komponen-komponen hardware yang digunakan dalam infrastruktur fisik sistem informasi. Misalnya, ketika merancang suatu sistem informasi terdistribusi yang akan menggunakan jaringan luas, diagram penyebaran dapat digunakan untuk menunjukkan hubungan komunikasi antara node yang berbeda dalam jaringan. Mereka juga dapat digunakan untuk mewakili komponen perangkat lunak dan bagaimana mereka ditempatkan di atas arsitektur fisik atau infrastruktur sistem informasi. Dalam hal ini, diagram penyebaran merupakan lingkungan pelaksanaan perangkat lunak.








3.OBJECT DIAGRAM

Object diagram sangat mirip dengan diagram kelas. Perbedaan utama adalah bahwa diagram objek menggambarkan objek dan hubungan mereka. Tujuan utama dari diagram objek adalah untuk memungkinkan analis untuk mengungkap rincian tambahan kelas. Dalam beberapa kasus, penyataan variabel dari sebuah class diagram dapat membantu pengguna atau analis dalam menemukan atribut tambahan yang relevan, hubungan, dan atau operasi, atau mungkin menemukan bahwa beberapa atribut, hubungan, atau operasi yang salah tempat. 


4.ACTIVITY DIAGRAM
Activity diagram menyediakan analis dengan kemampuan untuk memodelkan proses dalam suatu sistem informasi. Activity diagram dapat digunakan untuk alur kerja model, use case individual, atau logika keputusan yang terkandung dalam metode individual3. Activity diagram juga menyediakan pendekatan untuk proses pemodelan paralel. Activity diagram lebih lanjut 
Bagi mereka yang akrab dengan analisis dan desain struktur tradisional, diagram aktifitas menggabungkan ide-ide yang mendasari diagram alir data dan diagram alur sistem. Pada dasarnya, diagram aktifitas canggih dan merupakan diagram aliran data yang terbaru. Secara teknis, diagram aktivitas menggabungkan ide-ide proses pemodelan dengan teknik yang berbeda termasuk model acara, statecharts, dan Petri Nets. Namun, diagram aktifitas UML 2.0 lebih umum menggunakan Petri Nets daripada teknik pemodelan proses lainnya. Untuk penjelasan penggunaan Petri Nets dengan model alur kerja bisnis dapat dilihat di Wil van der Aalst and Kees van Hee, Workflow Management: Model, Metode, and System (Cambridge, MA: MIT Press, 2002).
5.PACKAGE DIAGRAM

Package diagram utamanya digunakan untuk mengelompokkan elemen diagram UML yang berlainan secara bersama-sama ke dalam tingkat pembangunan yang lebih tinggi yaitu berupa sebuah paket. Diagram paket pada dasarnya adalah diagram kelas yang hanya menampilkan paket, disamping kelas, dan hubungan ketergantungan, disamping hubungan khas yang ditampilkan pada diagram kelas. Sebagai contoh, jika kita memiliki sistem pendaftaran untuk kantor dokter, mungkin masuk akal untuk kelompok kelas pasien dengan kelas sejarah medis pasien bersama-sama untuk membentuk paket kelas pasien. Selain itu, dapat berguna untuk membuat paket perawatan yang mengandung gejala penyakit, penyakit, dan obat-obatan khas yang diresepkan untuk mereka. 




6.INTERACTION OVERVIEW
Interaction Overview menunjukan layout dari activity diagram untuk memodelkan alur dari logic dalam sekumpulan interaksi.




7.TIMING DIAGRAM
  Timing Diagram perubahan statis yang menekankan pada waktu sebenarnya. Diagram Timing adalah untuk interaksi antar objek,penekanan pada timing.




8.USE CASE DIAGRAM
Use case diagram memungkinkan analis untuk memodelkan interaksi antara sistem informasi dan lingkungannya. Lingkungan sistem informasi akan mencakup baik pengguna akhir dan setiap sistem eksternal yang berinteraksi dengan sistem informasi. Penggunaan utama dari diagram use case adalah untuk menyediakan sarana dalam mendokumentasikan dan memahami persyaratan sistem informasi yang sedang berkembang. Use case dan diagram use case adalah beberapa alat yang paling penting untuk digunakan dalam analisis dan desain sistem berorientasi objek. 

9.STATE MACHINES DIAGRAM
Statechart diagram digunakan untuk memodelkan perilaku dinamis satu kelas atau objek. Statechart diagram memperlihatkan urutan keadaan sesaat (state) yang dilalui sebuah objek, Kejadian yang menyebabkan sebuah transisi dari suatu state atau aktivitas kepada yang lainnya.Statechart diagram khusus digunakan untuk memodelkan tahap-tahap diskrit dari sebuah siklus hidup objek,sedangkan Activity diagram paling cocok untuk memodelkan urutan aktifitas dalam suatu proses. 


10.SEQUENCE DIAGRAM
Sequence diagram menjelaskan interaksi objek yang disusun berdasarkan urutan waktu. Secara mudahnya sequence diagram adalah gambaran tahap demi tahap yang seharusnya dilakukan untuk menghasilkan sesuatu sesuai dengan use case diagram.










11.COMMUNICATION DIAGRAM
   Communication diagram adalah memfokuskan pada komunikasi yang berhubungan dengan struktur dari objek yang terlibat dalam suatu tugas. Communication diagram bersama dengan sequence diagram adalah termasuk dalam diagram interaksi.



12.CLASS DIAGRAM
 Tujuan utama dari class diagram adalah untuk menciptakan sebuah kosa kata yang digunakan oleh analis dan pengguna. Diagram kelas biasanya merupakan hal-hal, ide-ide atau konsep yang terkandung dalam aplikasi. Misalnya, jika anda sedang membangun sebuah aplikasi penggajian, diagram kelas mungkin akan berisi kelas yang mewakili hal-hal seperti karyawan, cek, dan pendaftaran gaji. Diagram kelas juga akan menggambarkan hubungan antara kelas. 



13.COMPONENT DIAGRAM
     Component diagram memungkinkan desainer untuk memodelkan hubungan fisik antara modul fisik dari kode. Diagram ini bila dikombinasikan dengan diagram penyebaran dapat digunakan untuk menggambarkan distribusi fisik dari modul perangkat lunak melalui jaringan. Misalnya, ketika merancang sistem client-server, hal ini berguna untuk menunjukkan mana kelas atau paket kelas akan berada pada node klien dan mana yang akan berada di server. Diagram komponen juga dapat berguna dalam merancang dan mengembangkan sistem berbasis komponen. Karena bab ini berfokus pada analisis sistem berorientasi objek dan desain, kita tidak akan membahas lebih lanjut menggunakan diagram komponen.

3 komentar:

anupavi mengatakan...


very very amazing explaintion....many things gather about yourself...yes realy i enjoy it

SEO Company in India

Unknown mengatakan...

kurang sumbernya kak ;(

Boy Hilman mengatakan...

mantab sourcenya apa kak?

Terima kasih atas informasi postingan ini. Sangat bermanfaat.

Cara ini memang work udah di coba. thanks.. sangat bermanfaat.

Blogger Wordpress Gadgets